JAKARTA – HUMAS, MA kembali menggelar pameran Kampung Hukum MA 2014.Sejalan dengan kondisi yang berkembang dewasa ini yang ditandai dengan pesatnya kebutuhan masyarakat akan informasi dan transparansi terhadap lembaga – lembaga penegak hukum, Mahkamah Agung dengan Laporan Tahunan Tahun 2013 sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban publik terhadap langkah – langkah yang telah dilaksanakan selama tahun 2013, juga mengimplementasikan langkah – langkah pembenahan yang telah dilakukan dengan melalui kegiatan pameran. Tema pameran kali ini adalah “Keadilan Tak Berbatas” (Justice Without Boundaries) pada Rabu, 26 Februari 2014.

Keadilan Tak Berbatas, bukanlah sebuah wacana baru bagi para instansi penegak hukum. Keadilan adalah milik semua lapisan masyarakat, tanpa kecuali. Sudah menjadi tugas utama bagi para instansi penegak hukum untuk memberikan layanan bagi publiknya dalam mendapatkan keadilan. Mahkamah Agung, melalui Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan secara Prodeo (Cuma-Cuma). PERMA ini merupakan tindak lanjut PP No 42 Tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum dan Penyaluran Bantuan Hukum dan SK Menkumham No. M.HH-03.HN.03.03 Tahun 2013 tentang Besaran Biaya Bantuan Hukum Litigasi dan Non-Litigasi.

Melalui kegiatan pameran ini diharapkan para instansi penegak hukum dapat mensosialisasikan kebijakan dan produk hukum yang merupakan implementasi dari Keadilan Tak Berbatas.

Peserta Pameran adalah :
• Mahkamah Konstitusi RI
• Komisi Yudisial RI
• Kepolisian Negara RI
• Kejaksaan Agung RI
• Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
• Komisi Pemerantasan Korupsi RI
• Badan Narkotika Nasional RI
• Ombudsman RI
• Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban RI
• Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan

Kegiatan Pameran ini akan dirangkai juga dengan kegiatan lainnya yaitu Lomba Karikatur dan Video yang diikuti oleh para mahasiswa fakultas hukum se-jabodetabek dengan tema Pelayanan Publik di Pengadilan. Selanjutnya, di panggung utama dihadirkan pula talkshow dengan Narasumber dari Mahkamah Agung, Kepolisian Negara RI, dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

Diharapkan para peserta dan pengunjung dapat menikmati berbagai macam acara menyenangkan dari kegiatan ini, dan dengan semangat keadilan tak berbatas kita akan menyambut dunia baru peradilan yang lebih professional dan modern.(Sumber)

Categories: HOME

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Click to listen highlighted text!