Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
pengadilan negeri sabang

Komitmen Mahkamah Agung pada Penegakan Hukum Lingkungan

Komitmen Mahkamah Agung pada Penegakan Hukum Lingkungan

Megamendung,humas : Maraknya kasus yang berkaitan dengan isu lingkungan di Indonesia menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi tema pelatihan bersama hakim se-wilayah Asia kali ini, seperti yang disampaikan oleh swandy halim selaku Sekjen Asean Law Association, ” banyak kasus yang bisa di diskusikan dan menjadi materi untuk berbagi pengalaman, contohnya saja seperti illegal fishing, illegal logging dan juga asap dari pembakaran hutan”.

Pelatihan bersama di bidang hukum lingkungan ini merupakan bentuk komitmen dan tindakan nyata yang dilakukan oleh Indonesia untuk meng-upgrade wawasan hakim – hakim dari segi lingkungan, selain itu untuk menghadapi masyarakat ekonomi asean, diperlukan juga perspektif dan pemahaman yang sama terhadap isu – isu yang berkembang dibidang lingkungan dan bagaimana mengadili kasus – kasus yang berkaitan dengan lingkungan.

Indonesia yang ditunjuk sebagai ketua komite kerja pelatihan memandang perlu adanya kontinuitas dalam menyelenggarakan pelatihan bersama seperti ini, “sudah waktunya indonesia tampil dan menjadi pelopor, apalagi ketua Mahkamah agung sangat mendukung untuk melakukan terobosan seperti ini”, ujar Sekjen ALA swandy halim seraya menutup acara pelatihan bersama hakim pada hari jumat, 16 januari 2015.

Di kesempatan yang sama, ketua penyelenggara kegiatan, Hakim Agung, I Gusti Agung Sumanatha, SH,.MH menyampaikan kegembiraannya melihat antusiasme dari para delegasi yang mengikuti kegiatan, diharapkan ke depannya pelatihan ini akan menjadi acuan negara – negara lain di Asia untuk membuat lebih banyak lagi pelatihan bersama tidak saja hanya membahas lingkungan akan tetapi juga isu – isu penting lintas negara lainnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa MA telah siap dalam menangani perkara-perkara lingkungan. Kesiapan sarana dan infrastruktur seperti pengadilan perikanan misalnya, dan para hakim yang bersertifikat lingkungan. Langkah tersebut merupakan bentuk komitmen MA dalam menyelesaikan perkara yang berkaitan dengan lingkungan. ( sumber)







Slider
VISI : TERWUJUDNYA PENGADILAN NEGERI SABANG KELAS II YANG AGUNG - MISI : (1)Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Sabang kelas II (2)Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada para pencari keadilan terkhusus di kota Sabang. (3)Meningkatkan kualitas Pelayanan, SDM dan kepemimpinan pada Pengadilan Negeri Sabang kelas II.(4)Meningkatkan kredibilitas dan dan transparasi pada Pengadilan Negeri Sabang Kelas II. - MOTTO PN-SABANG : JARO (JUJUR - ADIL - RELIGIUS - OBJEKTIF)
JAM REAL TIME