Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

E-Court MA.RI

JDIH

SIPP PN-Sabang

KUNJUNGAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN OLEH KPT SEKALIGUS PENILAIAN ASSESSMENT OLEH TAPM

KUNJUNGAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN OLEH KPT SEKALIGUS PENILAIAN ASSESSMENT OLEH TAPM

Pada tanggal 23 s/d 24 Oktober 2019 dilaksanakan Pembinaan oleh YM. KPT Banda Aceh serta Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) oleh TIM APM PT Banda Aceh dan Penilaian Zona Integritas oleh Tim Persiapan Penilaian Internal (TPPI) PT Banda Aceh di Pengadilan Negeri Sabang.

Dalam acara Pembinaan, YM. Bapak H. Djumali, S.H. selaku KPT Banda Aceh menyampaikan beberapa hal, antara lain mengenai inti dari akreditasi yaitu adanya perubahan mainset seluruh warga peradilan dari sebelumnya “minta dilayani” menjadi “melayani” dan komitmen untuk bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (SOP). Bapak KPT juga menekankan agar semuanya terus belajar dan menguasai bidang pekerjaannya. Fasilitas, teknologi, aplikasi yang tersedia agar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memberikan layanan terbaik. Beberapa aturan dan kebijakan Mahkamah Agung juga disosialisasikan oleh Bapak KPT, seperti PERMA Nomor 3, 7, 8, dan 9 Tahun 2016, beberapa SEMA tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung, hingga SEMA mengenai Penyelesaian Perkara (SEMA Nomor 2 Tahun 2014).

Mengakhiri sambutannya, Bapak KPT mengapresiasi PN Sabang yang sudah mengalami banyak kemajuan, sehingga layak untuk diusulkan kenaikan akreditasinya menjadi A “exellence” dalam pleno KEKA akhir Oktober ini serta diikutkan dalam penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) untuk periode berikutnya.

Pada kesempatan lain, Bapak WKPT Banda Aceh dalam acara Opening Meeting APM menyampaikan bahwa tujuan surveilans adalah menjaga terselenggaranya badan peradilan Indonesia yang unggul/prima (Indonesia Court Performance Excellent – ICPE), sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Nomor 1639/DJU/SK/OT01.1/9/2015 serta sebagai pelaksanaan fungsi pengawasan sebagaimana diamantkan Nomor : KMA/080/SK/VIII/2006.

Pelaksanaan Surveilans APM dan penilaian ZI yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut berjalan lancar. Tim yang beranggotakan Bapak Suyadi, S.H., Bapak Eris Sudjarwanto, S.H.,M.H. (keduanya Hakim Tinggi PT Banda Aceh), Bapak Drs. H. Agussalim, S.H.,M.H., (Sekretaris PT Banda Aceh), Bapak Danu Arman, S.H.,M.H. (Sekteratis ZI PT Banda Aceh), Ibu Muthmainnah, S.E.,M.S.i. (Kasub Bag. Rencana Program dan Anggaran) serta T. Samsul Bahri, S.Kom. (staf Sub Bag. Kepegawaian dan TI) bekerja hingga larut malam dan hasil penilaian disampaikan dalam Closing Meeting, dimana secara umum Tim memberikan penilian yang baik terhadap kinerja PN Sabang, baik dalam hal teknis peradilan, administrasi umum, maupun pelayanan, dan hanya ada beberapa temuan yang bersifat minor.

WKPT Banda Aceh, Bapak Dr. H. Amril, S.H.,M.Hum. selaku Ketua Tim pada saat mengakhiri Closing Meeting menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penilaian Tim, PN Sabang layak mendapatkan akreditasi nilai A “Exellence” serta diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK.

Ketua PN Sabang, Bapak Fauzi, S.H.,M.H., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan YM. Bapak KPT, Bapak WKPT beserta Tim serta apresiasinya terhadap kinerja PN Sabang, dan PN Sabang akan meningkatkan kinerjanya dan menindaklanjuti temuan Tim dalam Laporan Hasil Penilaian (LHP) paling lambat Senin, 28 Oktober 2019.

Kegiatan diakhiri dengan yel-yel APM dan ZI serta foto bersama dan penyerahan LHP dari Tim PT Banda Aceh yang diterima oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Sabang. Semoga PN Sabang ke depan bisa lebih baik lagi dan terus menerus memberikan layanan yang prima bagi seluruh masyarakat pengguna layanan. (HUMAS)







Click to listen highlighted text!