Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

E-Court MA.RI

JDIH

SIPP PN-Sabang

SIDANG MELALUI TELECONVERENCE, IKHTIAR MELAWAN CORONA

SIDANG MELALUI TELECONVERENCE, IKHTIAR MELAWAN CORONA

Senin (6/04/20), Pengadilan Negeri Sabang menyelenggarakan sidang melalui teleconference dalam perkara pidana. Kebijakan tersebut diambil, setelah adanya perpanjangan masa tanggap darurat COVID-19 sampai 21 April 2020, sehingga untuk perkara-perkara yang penahanannya terbatas, harus segera disidangkan.


Pelaksanaan sidang tersebut dengan mempedomani SEMA Nomor 1 Tahun 2020 jo. SEMA Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya serta Surat Dirjen Badilum Nomor 379/DJU/PS.00/3/2020 tentang Persidangan Perkara Pidana Secara Teleconference.
Melalui persiapan yang matang, sidang yang dilaksanakan dengan aplikasi “Zoom Client for Meetings” tersebut dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar, sehingga mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak.


Bapak Fauzi, S.H., M.H., selaku Hakim Ketua dan sekaligus Ketua Pengadilan Negeri Sabang menilai bahwa persidangan secara teleconference dapat terus dilaksanakan dalam masa tanggap darurat Covid-19, terutama terhadap perkara pidana yang penahanannya sudah hampir habis. Ketua Pengadilan juga mengapresiasi kinerja jajarannya yang telah mampu mempersiapkan perangkat IT yang andal, sehingga bisa menopang kelancaran tugas-tugas yudisial.


Saat dimintai tanggapannya, Suhendra, SH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Sabang menyambut baik terhadap pelaksanaan sidang di Pengadilan Negeri Sabang yang dilakukan secara teleconference pertama kali. Hal ini menurut beliau juga sesuai dengan arahan dan surat dari Jaksa Agung RI Nomor : B-049/A/SUJA/03/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan ditengah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 khususnya di Kota Sabang, sehingga tugas-tugas dan kewenangan sebagai Penuntut Umum dapat tetap dilaksanakan ditengah adanya wabah COVID-19 dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang ada untuk mengurangi pertemuan dengan para Terdakwa di Rutan sabang.
Dihubungi secara terpisah, Kepala Rutan Kelas II Sabang, Muhammad Nasir, S.H., M.H., juga mengapresiasi terkait persidangan yang dilakukan secara online melalui telconference. Pihak Rutan telah menyediakan sarana dan prasarananya untuk sidang melalui telconfrence. Jadi terdakwa tetap berada di Rutan dan tidak keluar dengan tujuan untuk meminimalisir terjangkitnya virus covid 19 ini. Rutan Sabang mengucapkan terima kasih kepada pihak Pengadilan yang telah menginisiasi pelaksanaan Sidang online ini yang menurutnya sangat membantu pihak Rutan untuk sama-sama mencegah penyebaran virus Covid-19 terhadap WBP Rutan Sabang.
Sidang melalui teleconference bisa menjadi alternatif untuk tetap melaksanakan tugas peradilan dan sekaligus tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Dengan mengutamakan semboyan “Salus Populi Suprema Lex Esto”, PN Sabang yang berada di ujung barat Indonesia berkomitmen untuk tetap menjalankan Tupoksinya, untuk mewujudkan badan peradilan yang agung. (Humas)







Click to listen highlighted text!