Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
pengadilan negeri sabang

PENGAWASAN DAN PENGAMATAN DI RUTAN KELAS II SABANG OLEH HAKIM WASMAT PN SABANG

PENGAWASAN DAN PENGAMATAN DI RUTAN KELAS II SABANG OLEH HAKIM WASMAT PN SABANG

Kamis, 23 Juni 2022, Pengadilan Negeri Sabang melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengamatan di Rumah Tahanan Kelas II B Sabang. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Hakim Wasmat, Bapak Fajri Ikrami, S.H didampingi oleh Bapak M.Dehan ,S.Pdi selaku Panitera serta Panmud Pidana Rita Kirana

Pengawasan dan Pengamatan yang biasa disebut sebagai Wasmat, merupakan salah satu tugas pengadilan sebagaimana diamanatkan dalam BAB XX (pasal 277 s/d 283), Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Wasmat ini ditujukan terhadap putusan pengadilan yang menjatuhkan pidana perampasan kemerdekaan, dengan tujuan untuk memperoleh kepastian apakah putusan Pengadilan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya, serta untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan dan efektifitas putusan tersebut terhadap narapidana itu sendiri.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rutan Kelas II B Sabang ini, disambut baik oleh Kepala Rutan Bapak, Muhammad Nasir, S.H,.M.H dengan memberikan kesempatan dan tempat untuk melaksanakan wawancara terhadap Petugas Rutan dan beberapa Orang narapidana. Narapidana yang dimaksud dipilih secara acak dengan tujuan untuk mengetahui perlakuan terhadap dirinya, hubungan-hubungan kemanusiaan antara sesama Narapidana maupun hubungan dengan para petugas lembaga pemasyarakatan.

Berdasarkan pelaksanaan Wasmat, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan putusan Pengadilan telah dijalankan dengan baik oleh Rutan Kelas II B Sabang. Hal ini terlihat dari sudah mulai tampaknya perubahan perilaku Narapidana kearah yang lebih baik, Serta pemenuhan terhadap Hak-Hak narapidana telah dilaksanakan sebagaimana peraturan perundangan-undangan yang berlaku.







Slider
VISI : TERWUJUDNYA PENGADILAN NEGERI SABANG KELAS II YANG AGUNG - MISI : (1)Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Sabang kelas II (2)Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada para pencari keadilan terkhusus di kota Sabang. (3)Meningkatkan kualitas Pelayanan, SDM dan kepemimpinan pada Pengadilan Negeri Sabang kelas II.(4)Meningkatkan kredibilitas dan dan transparasi pada Pengadilan Negeri Sabang Kelas II. - MOTTO PN-SABANG : JARO (JUJUR - ADIL - RELIGIUS - OBJEKTIF)
JAM REAL TIME