Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Sabang, mulai dari Pimpinan, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, ASN serta PPNPN, menjalani tes urine Narkoba yang dilaksanakan secara mendadak, pada hari Senin (05/04/2021). Pelaksanaan tes urine ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan oleh PN sabang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Sabang.

Sebanyak 25 orang Aparatur Pengadilan Negeri Sabang, menjalani Tes Urine mendadak tersebut. Berdasarkan hasil tes, seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Sabang dinyatakan Negatif mengkonsumsi Narkoba.

Ketua PN Sabang, Syihabuddin S.H .,M.H sebelum pelaksanaan tes menyampaikan, kegiatan ini merupakan langkah prefentif, untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkotika oleh Aparatur Pengadilan Negeri Sabang. Peningkatan peredaran Narkoba di Kota Sabang dari tahun ke tahun cukup memperihatinkan, berdasarkan catatan, dari total penanganan tindak pidana yang diselesaikan oleh Pengadilan Negeri Sabang di tahun 2020, sebanyak 67,3 % atau mayoritasnya, merupakan perkara Narkotika. Tentu Pengadilan Negeri Sabang, tidak ingin ada aparatur Pengadilan yang ikut-ikutan menyalahgunakan Narkotika tersebut. Lebih lanjut beliau menyampaikan, kita sebagai salah satu lembaga Penegak Hukum harus menjadi Role Model dalam Pemberatasan Peredaran Gelap Narkotika.

Kepala BNNK Sabang, Masduki, S.H yang ikut hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan, apresiasinya kepada Pengadilan Negeri Sabang, atas inisatif sendiri telah menyelenggarakan Sosialisasi serta Tes Urine kepada seluruh Aparatur Pengadilan. Terlebih Pengadilan Negeri Sabang juga memiliki Satgas internal, Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang menurut kami merupakan langkah yang patut diapresiasi dan akan kami teruskan ke pusat.

Pada akhir kegiatan, dilaksanakan foto bersama dan pengukuhan Satgas Internal Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, (P4GN) di Pengadilan Negeri Sabang.

Click to listen highlighted text!